Menampilkan Favicon pada Blog

Sekilas tentang Favicon

Favicon atau Favorites Icon adalah gambar kecil yang tampil di browser address bar, tab browser, toolbar maupun didalam Bookmark (Favorites).

Favicon atau Favorites Icon berukuran sekitar 16px sampai 32px yang berekstensi ICO, PNG atau GIF. Favicon tersebut dapat dibuat dengan menggunakan software grafik seperti Photoshop, Corel, Firework dsb.

Agar lebih gampang dapat menggunakan Favicon Generator atau langsung mendownload Favicon gratis yang sudah jadi yang banyak bertebaran di Internet. Untuk mencari di Internet gunakan kata kunci Favicon Generator atau Free Favicon.

Setelah membuat atau menemukan Favicon yang tepat ubah namanya menjadi "favicon" sehingga menjadi favicon.ico, favicon.png atau favicon.gif.

Menampilkan Favicon

Selanjutnya upload Favicon tersebut ke web root atau kedalam folder public_html. Kemudian masukkan kode berikut diantara tag <head> dan </head>.

<link href="favicon.ico" rel="shortcut icon" type="image/ico">

Untuk nilai dari atribut "type" sesuaikan dengan ekstensi Favicon yang digunakan. Contoh image/png untuk format PNG dan image/gif untuk format GIF.

Bila Favicon-nya diupload ke folder lain atau menggunakan Favicon dari web lain masukkan alamat linknya di dalam atribut "href".

Menampilkan Favicon pada WordPress

Buka header.php kemudian masukkan kode yang diatas diantara tag <head> dan </head>. Atau upload Favicon tersebut ke dalam folder themes (template) yang aktif kemudian masukkan kode berikut diantara tag <head> dan </head>.

<link rel="shortcut icon" type="image/ico" href="<?php bloginfo('template_url'); ?>/favicon.ico" />

Mengganti Favicon pada Blogspot

Login ke Blogspot kemudian pilih blog yang ingin diganti Favicon-nya. Dari menu di sebelah kiri klik Layout maka akan muncul seperti gambar berikut:

Blogspot Favicon

Pada Widget Favicon klik "edit" selanjutnya upload Favicon yang besar filenya di anjurkan dibawah 100kb.

Agar perubahan dapat dilihat coba akses blog dengan menambahkan /favicon.ico pada akhir alamat blog.

http://nama-blog.blogspot.com/favicon.ico

Bila tetap belum berubah coba di Refress atau tekan F5 beberapa kali hingga Favicon-nya berubah.

Bila kita sudah memasukkan alamat web kedalam Bookmarks arau Favorites biasanya sulit untuk mengubah Favicon yang sudah ada sebelumnya terutama pada browser Firefox. Karena browser Firefox menyimpan informasi ini di dalam database (SQLite).

Untuk browser lain coba dengan mengosongkan atau menghapus cache pada browser.

Menghapus Favicon pada browser Firefox

Untuk mengedit database pada browser Firefox untuk menghapus salah satu, sebagian atau keseluruhan Favicon kita bisa menggunakan Firefox Delete Bookmark Icons Add-On.

Instal Add-On tersebut dan Restart Firefox kemudian dari menu Bookmark klik kanan alamat web yang Favicon-nya ingin dihapus kemudian dari menu yang tampil pilih "Delete Site Icon(s)"

Sekian dan selamat atas Favicon barunya.

2 comments:

  1. Kalo untuk membuat favicon tampil di bagian label menu gimana ya min??

    ReplyDelete