Belajar HTML

Mari belajar HTML.

Jika anda baru terjun di dunia maya alias pemula (newbie) dan tertarik ingin belajar HTML untuk membuat website sendiri maka anda tidak salah datang ke blog ini, karena disini anda akan mendapatkan tutorial, tips, triks dan artikel-artikel tentang bagaimana cara belajar HTML untuk membuat website.

Bila anda sudah memiliki Website atau Blog dan ingin mengedit atau melakukan perubahan-perubahan pada tampilan web atau blog anda maka kita harus mengerti dan memahami bahasa HTML.

Di blog ini anda akan mendapatkan tutorial belajar HTML yang disertai dengan contoh-contoh mulai dari dasar, sehingga akan mudah dipahami dan sangat cocok bagi anda yang masih pemula. Dan bagi anda yang ingin mengedit ataupun membuat web atau blog bisa melangkah ke topik-topik lainya sesuai dengan yang anda inginkan.

Apa yang dibutuhkan dalam Belajar HTML ini?

1. Komputer dan koneksi ke Internet

Agar kita bisa membaca dan belajar sambil praktek.

2. Teks editor

Teks editor seperti Notepad di Windows adalah pilihan paling mudah karena biasanya sudah terinstall dengan system kita. Jika ingin menggunakan teks editor yang lebih interaktif, bisa men-download Notepad ++, anda bisa mengikuti instruksi di video ini bagaimana cara menginstal Notepad++.

Di dalam tutorial belajar HTML ini akan diajarkan dengan menggunakan teks editor yang simpel yaitu Windows Notepad. Dalam belajar HTML sebaiknya anda langsung praktek dengan mengetik atau copy/paste contoh-contoh HTML-nya di Notepad dan preview di browser untuk melihat hasilnya.

Jika menggunakan software lain seperti MS FrontPage atau Dreamweaver usahakan untuk selalu berada di kode "HTML View" dan gunakan real browser untuk menampilkan atau "preview" dokumen HTML anda. Dengan kata lain biasakan untuk membuat, mengedit dan memasukkan kode-kode HTML dengan mengetiknya secara manual sehingga nantinya akan terbiasa dan hafal dengan kode-kode HTML.

3. Browser atau peramban

Untuk Windows ada Internet Explorer atau Edge, namun jika ingin menggunakan peramban yang lain ada bermacam-macam pilihan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari dsb.

4. Kreatifitas, ketekunan dan kesabaran

Misal jika diberikan contoh-contoh HTML, kemudian berinisiatif membuat contoh-contoh lain yang sama namun berdasarkan imajinasinya sendiri ini namanya kreatif.

Kemudian lakukan dengan rutin dengan melakukan berbagai macam percobaan, melakukan pencarian informasi dari berbagai macam sumber, menyimak dan memberikan perhatian dengan apa yang sedang di lakukan itu namanya baru tekun.

Kesabaran, belajar membutuhkan waktu, belajar memang membosankan jadi anda harus mencari jalan sendiri bagaimana agar belajar itu menyenangkan. Jangan dipaksakan, bila merasa jenuh beralihlah melakukan hobby-hobby anda yang lainnya, itulah kelebihannya kalau belajar sendiri (non-formal).

Saya sangat berterimakasih jika anda bersedia memberikan kritik, saran maupun komentar atas kekurangan, error, broken links dan lainnya, masukan dari anda sangat membantu untuk perbaikan tutorial belajar HTML maupun blog ini.

Selamat belajar.

No comments:

Post a Comment