Pengenalan HTML

Pengertian singkat tentang HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web browser bagaimana untuk menampilkan Web tersebut yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.

Sedangkan Web browser adalah suatu progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Edge, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.

HTML mempunyai file perluasan (extention) htm atau html. Dimana kedua perluasan tersebut adalah sama, jadi anda boleh menyimpan file dokumen HTML dengan extention ".htm" atau ".html".

Untuk mulai belajar HTML kita akan menggunakan texs editor Windows Notepad. Di bawah ini adalah contoh dokumen HTML yang sangat sederhana. Buka Notepad, silahkan mulai dengan mengetikkan atau copy/paste kode di bawah ini:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Titel Websiteku</title>
</head>
<body>
Ini adalah dokumen HTML pertamaku
</body>
</html>

Klik untuk melihat previewnya

Simpan file tersebut ke drive D dengan nama "websiteku.html" Ketika menyimpan file tersebut dengan Notepad ganti "save as type"-nya dengan "all files". Kemudian buka browser, dari menu File klik Open dan tujukan ke D:\websiteku.html "klik Ok" maka halaman website pertama anda akan ditampilkan.
* Lakukan hal yang sama untuk contoh-contoh selanjutnya.

Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai struktur penyusun seperti doctype, tag, atribut dan nilai. Doctype adalah deklarasi type documen HTML (DTD) yang digunakan. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: " <", " >" dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka "<html>" dan diakhiri dengan tag penutup " </html>". Kemudian segala sesuatu yang berada diantara tag pembuka dan tag penutup disebut dengan Elemen HTML.

Tag HTML kemudian ada yang memiliki atribut diikuti dengan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolor="0000ff">, body merupakan elemen, bgcolor adalah atribut dan 0000ff merupakan nilai (value).

Untuk menuliskan tag-tag HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Namun bila DTD atau type documen yang digunakan adalah XHTML maka penulisan tag-tag HTML dan CSS harus menggunakan huruf kecil. Saya pribadi selalu menulis tag-tag HTML dan CSS dengan huruf kecil walaupun doctype-nya adalah HTML karena akan terlihat lebih halus dan rapi.

XHTML adalah gabungan dari XML dan HTML jadi tetap menggunakan kode-kode HTML hanya ada peberapa perbedaan yang mudah dipelajari nantinya kalau sudah tahu dan mengerti tentang HTML.

Dalam pelajaran HTML selanjutnya kita akan membahas tentang tag-tag dasar HTML seperti contoh diatas diantaranya <html>, <head> dan <body>

No comments:

Post a Comment