Cara menginstal VLC pada Windows

VLC adalah media player portabel yang gratis dari VideoLAN. VLC media player dapat memutar berbagai macam format audio video seperti 3GP, ASF, AVI, FLV, MKV, MIDI, MOV, MP4, Ogg, WAV, MPG, MP3, VOB, RM, DVD, VCD, SVCD, CD dan lain-lain termasuk streaming Radio dan TV secara online.

Download paket VLC installer dari halaman download VLC untuk Windows.

Setelah paket VLC installer selesai di download , klik dua kali file tersebut untuk memulai proses instalasi. Jika anda menggunakan Windows Vista, 7, atau 8 dan memiliki UAC diaktifkan, sistem anda mungkin akan meminta anda untuk memberikan VLC izin administrator. Klik Yes untuk melanjutkan proses instalasi.

VLC Pilih Bahasa

Sebelum anda dapat melanjutkan, anda harus memilih bahasa yang ingin digunakan untuk menampilkan informasi kepada anda, dalam penginstalasian ini saya memilih bahasa Inggris. Setelah anda memilih bahasa, klik OK.

VLC Welcome

VLC installer merekomendasikan anda untuk menutup semua aplikasi lain sebelum melanjutkan proses instalasi. Setelah anda siap untuk melanjutkan proses instalasi, klik Next.

VLC License Agreement

Baca License Agreement. Setelah selesai membaca, klik Next.

VLC Komponen

Gunakan menu ini untuk memilih komponen-komponen apa saja yang ingin di instal atau biarkan saja secara default yang perlu diperhatikan disini adalah "File type assosiations". Bila anda ingin VLC sebagai media player default untuk memutar segala audio video pada PC atau Laptop anda, maka anda bisa langsung memberi tanda centang pada "Audio Files" dan "Video Files" atau jika anda hanya ingin menggunakan VLC untuk memutar format file tertentu saja anda bisa memilihnya dengan mengklik tanda plush (+) pada menunya. Setelah anda selesai, klik Next.

VLC Folder Tujuan

Secara default VLC ini akan di instal ke Program Files di dalam folder VideoLAN, bila anda ingin mengubah lokasi penginstalasian klik "Browse". Setelah anda menentukan folder tujuan instalasi, klik Install.

VLC Instalasi Proses

Tunggu hingga VLC selesai di instal pada PC atau laptop anda. Seharusnya tidak memakan waktu lama. Anda bisa meng-klik "Show details" untuk melihat rincian dari proses penginstalasian.

VLC Instal Finish

Setelah instalasi selesai, anda dapat memberikan tanda centang pada "Run VLC media palyer" agar VLC langsung dijalankan setelah menekan tombol finish, klik "Finish" untuk menutup jendela penginstalasian.

VLC Privacy

Selanjutnya VLC media player akan terbuka dengan jendela Privacy and Network Access Policy. Anda bisa menghilangkan tanda centang pada "Allow meta data network access" dan "Regularly check for VLC updates" agar VLC tidak online setiap kali dijalankan, klik tombol "continue".

Sekarang anda sudah bisa mencoba memutar audio (lagu) dan video kesayangan anda. Selamat menikmati.

VLC Tips.

Cara menghilangkan "do you want to restart the playback where left off" pada VLC.

Klick Tools - Preferences - Interface - Main Interfaces - Qt - Continue Playback?
Pilih "Never" kemudian klik Save untuk menyimpan pengaturan, tutup dan buka kembali VLC.

No comments:

Post a Comment