Konversi HTML ke kode Entity

Kode HTML






Kode ENTITY


Pernah tidak ketika menuliskan kode-kode HTML yang mengandung karakter-karakter khusus seperti "<", ">" ke postingan atau komentar, kode-kode tersebut tidak tampil sebagaimana yang diharapkan?

Kenapa bisa hilang? Karena untuk menampilkan karakter-karakter khusus tersebut kita harus terlebih dulu meng-konversi atau mengubahnya ke kode entity. Kode-kode entity dapat di lihat di Karakter-karakter khusus dalam HTML, kode nomor dan kode nama merupakan kode entity, kode nomor dan kode nama akan menghasilkan karakter yang sama, jadi bisa ditukar-tukar.

Jika kita mengetikkan kode-kode html tersebut secara langsung maka hal diatas akan terjadi (kode-nya tidak tampil) atau bahkan bisa merusak tampilan website tersebut karena kita memasukkan kode aktif di dalam postingan maupun komentar.

Untuk menghindari hal tersebut tool diatas adalah alat yang bisa digunakan untuk meng-konversi kode HTML ke kode entity, tapi hanya terbatas untuk mengubah tag-tag html yang sering digunakan saja yaitu: tanda lebih kecil dari (<), tanda lebih besar dari (>), tanda kutip (") dan ampersand atau tanda pengganti kata penghubung "dan" (&).

Sebagai contoh jika kita ingin menampilkan kode html berikut:

<html><head></head><body></body></html>

Maka di dalam postingan atau komentar kita harus menuliskan:

&lt;html&gt;&lt;head&gt;&lt;/head&gt;&lt;body&gt;&lt;/body&gt;&lt;/html&gt;

Setelah di konversi jangan lupa untuk memasukkan kode tersebut diantara tag <code> dan </code>:

<code>&lt;html&gt;&lt;head&gt;&lt;/head&gt;&lt;body&gt;&lt;/body&gt;&lt;/html&gt;</code>

setelah itu baru dimasukkan di postingan atau komentar.

No comments:

Post a Comment