Cara instal WordPress pada Localhost

Untuk menginstal WordPress di localhost ada dua cara, tapi sebelum melakukan cara-cara tersebut usahakan untuk mengupdate Apache Server, PHP, MySQL dan phpMyAdmin anda ke versi yang terbaru.

Yang perlu disiapkan untuk instalasi WordPress ini adalah CMS Blog WordPress ikuti link untuk mendownload.

Selanjutnya adalah sebuah Database, untuk membuat database anda bisa mengikuti petunjuk tentang cara membuat MySQL Database di Localhost.

Kemudian MySQL Username dan Password adalah data yang kita buatkan ketika menginstal MySQL atau data login yang kita masukkan ketika mengakses phpMyAdmin.

Setelah WordPress selesai di download ekstrak file tersebut. Secara default file tersebut akan di ekstrak di sebuah folder dengan nama "WordPress".

Buka folder tersebut kemudian pindahkan file-file di dalamnya termasuk ketiga folder yaitu wp-admin, wp-content dan wp-includes ke root server.

Dalam contoh ini root server saya ada di D dengan nama MyWebs , maka nanti semua file dan folder WordPress tersebut akan berada di dalam folder "D:\MyWebs".

Instalasi WordPress

Menginstal WordPress cara pertama.

Buka browser ketikkan "http://localhost" di address bar, maka akan tampil jendela seperti berikut.

Instal WordPress 01

Dinyatakan bahwa pengaturan WordPress atau wp-config.php belum ada jadi kita di suruh untuk membuatkannya, klik "Create a Configuration File".

Instal WordPress 02

Sebelum pengistalasian, kita diingatkan untuk mempersiapkan data-data seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya, diantaranya:nama database, user, password dan host. Bila sudah lengkap klik "Let's Go!"

Instal WordPress 03

Isikan dengan data-data yang sudah disiapkan. Untuk Database Host isikan dengan "localhost". Untuk Table Prefix biarkan saja, namun bila kita ingin menginstal WordPress di folder lain dan menggunakan database yang sama maka kita harus mengganti namanya, tidak boleh sama. Setelah selesai diisi dengan benar klik "Submit".

Instal WordPress 04

WordPress akan memeriksa dan memproses data-data yang kita masukkan, bila tidak ada kesalahan maka akan tampil jendela seperti diatas, klik "Run the install"


Instal WordPress 05

Isikan titel dari blog di Site Title, Username dan Password adalah data yang selalu kita butuhkan ketika ingin mengelola blog kita, jadi jangan sampai lupa. Your E-mail dan Privacy tidak terlalu penting karena adanya di localhost. Selanjutnya klik "Install WordPress"

Instal WordPress 06

Maka akan tampil jendela seperti diatas, bahwa penginstalasian WordPress telah berhasil dengan sukses. Bila kita mengosongkan Password sebelumnya maka WordPress akan secara otomatis membuatkannya untuk kita. Untuk mulai menggunakan blog klik "Log In"

Instal WordPress 07

Kemudian masukkan Usename dan Password, klik "Log In"


Menginstal WordPress cara kedua.

Kita juga bisa menginstal WordPress dengan cara mengedit wp-config-sample.php yang ada di WordPress roort folder "D:\MyWebs" terlebih dahulu.

Buka file tersebut dengan Notepad, kemudian cari baris berikut ini dan isikan dengan data-data yang kita miliki.

define('DB_NAME', 'nama_database');
define('DB_USER', 'username');
define('DB_PASSWORD', 'password');
define('DB_HOST', 'localhost');

Setelah diisi dengan benar simpan kembali file tersebut tapi dengan nama yang berbeda yaitu "wp-config.php"

Buka browser, di address bar ketikkan "http://localhost" maka kita akan dibawa langsung ke jendela penginstalasian seperti yang sebelumnya yaitu Install WordPress

Agar lebih jelas anda bisa menonton video tentang cara instal WordPress di Localhost di https://youtu.be/NYQhrCUTSek

No comments:

Post a Comment