Panduan membuat WordPress pada hosting gratis

WordPress merupakan salah satu CMS blog yang sangat populer saat ini. Sangat bersahabat dengan pengguna dimana cepat dalam mengaksesnya, simpel dan mudah untuk mengelolannya. Template yang beraneka ragam dan plugin yang sangat memadai. Jadi jika anda berencana ingin membuat blog gunakan WordPress, tidak bakalan menyesal.

Buat para pemula jika ingin membuat blog gratis, anda boleh daftar ke WordPress, mudah koq mengikuti pendaftarannya karena menggunakan bahasa Ibu kita. Ikuti saja langkah-langkah yang diberikan.

Kekurangannya kalau di WordPress.com kita tidak diberikan kontrol penuh dengan blog kita. Jadi jika anda seorang yang kreatif dan suka mengutak atik CMS untuk bereksperimen saran saya mendingan cari penyelia hosting gratisan yang mendukung MySQL dan PHP.

Untuk mencari hosting, usahakan hostingan yang menyediakan fasilitas Fantastico atau Softaculous sehingga akan mudah bagi kita untuk menginstal WordPress maupun CMS dan Script-script lainnya.

Atau jika belum ketemu terpaksa anda harus bekerja sedikit lebih keras dengan menguploadnya ke server menggunakan FTP program.

Memang dengan cara diatas agak sedikit lebih rumit, karena kita harus membuat dulu database, download WordPress kemudian upload lagi ke server.

Untuk itu saya ingin berbagi pengalaman bagaimana caranya membuat blog dengan WordPress. Dalam hal ini kita akan menggunakan jasa hostingan gratis di awardspace.com, jika anda menggunakan hostingan yang lain mungkin akan sedikit atau sangat berbeda.

Saya asumsikan bahwa anda sudah mendaftar di Awardspace.com, dan sudah memiliki sub-domain sendiri seperti http://subdomainku.awardspace.com.

Sekarang kita mulai untuk membuat database.

Login ke akkun anda,

Membuat WordPress 01

Pada navigasi bagian atas klik "Website Manager" maka akan muncul beberapa menu disebelah kiri. Pilih atau klik "MySQL Manager" maka akan tampil seperti berikut ini.

Membuat WordPress 02

Isikan nama database dan password kemudian klik "Create Database"

Membuat WordPress 03

Maka pada bagian bawah akan ditampilkan rincian dari MySQL database kita antara lain: DB Host, DB Name dan DB User, catat data-data tersebut dan sertakan dengan password yang barusan anda buat dengan nama DB Password kemudian simpan kesebuah file.

Ketika mendaftar secara otomatis awardspace.com telah membuat akun FTP kita dimana Username dan Password-nya sama dengan ketika kita login ke awardspace.com dengan FTP hostname adalah alamat website kita sendiri.

Untuk memastikannya klik "FTP Manager" di navigasi sebelah kiri. Maka akan tampil seperti berikut:

Membuat WordPress 04

Itu menunjukkan bahwa saya telah memiliki FTP akun dengan Username masimnet, dan dijelaskan juga bahwa saya dapat menggunakan FTP Hostname masimnet.awardspace.com untuk konek ke server.

Dengan demikian kita telah mendapatkan tiga hal penting yang dibutuhkan untuk FTP program nantinya yaitu Username, Password dan FTP Hostname.

Sekarang Log out atau keluar dari awardspace.com.

Selanjutnya kita akan mendownload WordPress, klik link berikut untuk menuju WordPress.org dan mulailah men-download.

Setelah selesai ekstrak file tersebut menggunakan 7zip, Winrar atau Winzip. Secara default, file ini akan langsung di ekstrak kesebuah folder dengan nama "WordPress."

Dengan Notepad, didalam folder WordPress tersebut cari dan buka file yang bernama: wp-config-sample.php, kemudian cari baris seperti berikut dan isikan sesuai dengan data-data MySQL database yang telah kita buat sebelumnya di awardspace.com.

define('DB_NAME', 'putyourdbnamehere');    // isikan dengan DB Name
define('DB_USER', 'usernamehere');     // isikan dengan DB User
define('DB_PASSWORD', 'yourpasswordhere'); // isikan dengan DB password
define('DB_HOST', 'localhost');    // isikan dengan DB Host

Setelah melakukan pengisian dengan benar, simpan kembali file tersebut tetapi dengan nama wp-config.php

Kemudian kita akan menjalankan program FTP ke server untuk meng-upload WordPress. Dalam contoh ini penulis menggunakan program FTP gratis yang lumayan bagus dari filezilla-project.org, jika anda belum punya, ikuti link untuk mendownload, dan ketika mendownload pilih yang FileZilla Client.

Jalankan program FileZilla, ikuti petunjuk dan langkah-langkah berikut:

Membuat WordPress 05

Masukkan (1)FTP Hostname, (2)Username dan (3)Password kemudian klik (4)Quickconnect, (5) Tujukan ke folder dimana WordPress anda berada, (6) Folder dan files WordPress yang akan di upload ke server, (7) Klik dua kali "subdomainku.awardspace.com" jika anda ingin membuat blog dengan alamat "http://subdomainku.awardspace.com/blog" maka anda harus membuat sebuah folder di dalam "subdomainku.awardspace.com" dengan nama blog dan upload filenya ke dalam folder tersebut.

Sekarang mulailah mentransfer file dari posisi no 6 ke no 7 dengan "drag and drop" atau dengan klik kanan file atau folder kemudian pilih upload.

Setelah upload selesai, klik no 8 untuk memutuskan hubungan ke server. Buka browser kemudian di address bar ketikkan url website anda contoh "http://subdomainku.awardspace.com" atau jika anda membuatnya di folder blog "http://subdomainku.awardspace.com/blog/" . Maka akan tampil jendela seperti berikut.

Membuat WordPress 6

Isikan nama blog dan alamat e-mail, ini nantinya dapat diubah dari pengaturan WordPress jadi tidak perlu takut jika salah. Tandai "Allow my blog to appear in search engines like Google and Technorati" ini artinya kita mengijinkan mesin pencari untuk mengindek blog kita. Selanjutnya klik "Install WordPress"

Membuat WordPress 7

Maka secara otomatis WordPress akan membuat Username dan Password, simpan data tersebut di tempat yang aman, karena kita akan membutuhkannya setiap kali Login ke Blog WordPress kita.

Klik "Log In" untuk masuk ke Admin area dan mulailah nge-blog atau ketik alamat url anda di browser untuk melihat Blog baru anda.


No comments:

Post a Comment